,

Ini Dia 5 Makanan Bagi Ketajaman Otak Anak

Selain sayur dan buah-buahan, lima makanan ini dapat meningkatkan ketajaman otak anak dan mengoptimalkan kemampuan konsentrasinya.

Ini Dia 5 Makanan Bagi Ketajaman Otak AnakSelain sayur dan buah, lima makanan ini dapat meningkatkan ketajaman otak anak dan mengoptimalkan kemampuan konsentrasinya.

Orangtua tentu selalu ingin memberikan nutrisi terbaik bagi anak-anaknya. Selain sayur dan buah-buahan, lima makanan ini dapat meningkatkan ketajaman otak anak di atas satu tahun dan mengoptimalkan kemampuan konsentrasinya.

Telur

Di tahun-tahun awal, otak anak sedang mengalami perkembangan yang signifikan. Kuning telur kaya akan kolin,  vitamin yang berperan penting dalam pembentukan sel memori dalam otak. Telur juga memiliki kadar protein tinggi, mengandung besi, asam folat dan vitamin A. Semua nutrisi itu penting untuk pertumbuhan, perbaikan dan perkembangan sel-sel.

Ikan beromega-3

Salmon, makerel, tuna, sarden merupakan sumber asam lemak omega-3 dan harus dikonsumsi anak setidaknya seminggu sekali. Asam lemak omega-3 merupakan komponen penting yang diperlukan untuk perkembangan sel otak. Selain itu, omega-3 berpengaruh dalam fungsi memori serta sel-sel penghubung antar saraf. Studi juga menemukan hubungan kemampuan buruk dalam membaca dengan minimnya kadar omega-3 pada otak anak.

Oat, sereal dan roti gandum

Biji-bijian mengandung karbohidrat yang kaya akan glukosa penting dan energi sebagai bahan bakar otak. Jenis makanan ini juga kaya akan vitamin B, nutrisi penting bagi sistem saraf. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa sarapan dengan jenis makanan ini dapat meningkatkan memori jangka pendek dan perhatian, bila dibandingkan dengan karbohidrat olahan atau tidak sarapan sama sekali. Makanan ini juga mengandung serat tinggi, sehingga dapat mengatur pasokan glukosa dalam tubuh.


Kacang-kacangan

Mengandung kadar protein tinggi beserta vitamin dan mineral, kacang-kacangan merupakan makanan pilihan terbaik untuk buah hati Anda. Kacang merah dan kacang pinto mengandung asam lemak omega-3 lebih tinggi dibanding jenis kacang lainnya. Kacang-kacangan membantu anak-anak berenergi lebih lama dan meningkatkan konsentrasi mereka.



Susu, yoghurt, dan keju 

Susu dan produk olahannya ini kaya akan protein dan vitamin B yang penting untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmiter dan enzim-enzim otak. Jenis makanan ini juga memiliki kandungan kalsium tinggi, yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat serta sehat.

(Lutfi Fauziah. Sumber: Emer Delaney, Good Food, BBC)

Top Ad 728x90